Selasa, 06 Januari 2015

Bedah Website Usaha Kecil atau Besar


Membangun sebuah usaha baik itu usaha kecil maupun usaha besar, dibutuhkan strategi dalam menjalankan usahanya, seperti strategi pemasaran. Dahulu bila seseorang ingin membuat sebuah usaha, misalnya usaha jual-beli, dibutuhkan lokasi dan tempat yang strategis untuk menjaring para pelanggannya, kini untuk menjalankan usaha jual-beli tidak perlu memiliki tempat dan lokasi yang strategis. Dengan adanya e-commerce atau jual-beli online, seseorang bisa menjual dagangannya melalui media internet.

Pada kesempatan ini penulis akan membahas mengenai usaha yang dijalankan oleh salahsatu pelaku usaha yang memanfaatkan media internet sebagai tempat untuk menjual daganganya yaitu Toko Buku Arafah.

Toko Buku Arafah bergerak di bidang ritel buku-buku Islam sebagai core dan  produk-produk islami lainnya sebagai pendukung. Saat ini Toko Buku Arafah menempati gedung seluas + 300 m2 di Jl. Semenromo Gg. Mawar no. 9 Ngruki Cemani Grogol Sukoharjo. Berlokasi di lingkungan pondok pesantren, pemukiman padat penduduk dan komunitas pengajian (moslem community), merupakan kekuatan dominan yang dimiliki.

Di tengah ketatnya persaingan pemasaran buku-buku Islam, alhamdulillah Toko Buku Arafah tetap eksis memimpin pasar sebagai Toko Buku Islam terbesar dan terlengkap se-ekskaresidenan Surakarta. Toko Buku Arafah telah menjalin kerja-sama dengan lebih dari
 100 penerbit dan agen suplier (pemasok barang), 88 pengecer10 mitra merchant dan tercatat memiliki lebih dari 500 member ACC Premium (Arafah Club Card Premium), customer loyal Toko.

Kami selalu berusaha untuk menomorsatukan pelanggan dengan mengupayakan tersedianya fasilitas layanan pelanggan yang consumer-led, sesuai dengan selera, keinginan dan kebutuhan pelanggan. Seperti :
 reading corner (taman baca), free zine (majalah gratis)delivery order, layanan khusus bagi member ACC, dll. Toko Buku Arafah juga memanjakan pelanggannya dengan menyelenggarakan berbagai event dan program sales promo yang menarik setiap bulan. Seperti : bedah bukutalk show, launching bukusarasehan, dll.

Toko Buku Arafah mengembangkan diri dengan membuka lini baru produk layanan konsumen '
Gerai Fesyen Arafah', koleksi paduan busana islami bernuansa etnik, elegan, modern dan syar’i. 


         Visi dan Misi

1.Menjadikan Toko Buku Arafah sebagai tempat yang nyaman bagi keluarga berbelanja buku
2.   Mengupayakan tersedianya fasilitas layanan pelanggan yang sesuai dengan selera, keinginan dan kebutuhan pelanggan
  
Manfaat 

Selama offline pelanggan menginginkan efisiensi dan efektif pada waktu, dengan adanya toko online maka pelanggan tidak perlu lagi ke toko untuk membeli produk yang diinginkan, sehingga walau pelanggan sibuk dan tidak sempat ke toko, pelanggan bisa melihat pada situs toko online dan bisa membeli produk tersebut.

Selain itu selama offline perpelanggan malas pergi ke toko karena jarak yang ditempuh jauh, namun dengan adanya toko online ini pelanggan tidak harus datang ke toko tersebut. Pelanggan hanya perlu membuaka situs toko tersebut, maka pelanggan bisa langsung melakukan aktifitas jual-beli.

Komunikasi

Media komunikasi elektronik yang digunakan oleh Toko Buku Arafah dalam melakukan pemasaran produknya melalui website yaitu http://www.arafahgroup.com/toko/index2.php?act=
 sumber : http://www.arafahgroup.com/toko/index2.php?act=profil 
                  yoganadia17.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar