Jumat, 01 Juni 2012

BAB 3 ILMU BUDAYA DASAR


KESUSASTRAAN DAN ILMU BUDAYA DASAR

Sastra adalah sebuah karangan yang indah, sebuah sastra yang indah terdiri dari tema, amanat, dan strukturnya . Sebuah sastra biasanya bercerita tentang fakta-fakta yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat .
Sastra yang indah, akan mengajak orang untuk mengutarakan masalah-masalah hidup, mengajak orang untuk berfikir positif dan lain-lain. Dan, karya sastra tidaklah hanya bercerita tentang kehidupan manusia, karya sastra dapat bercerita tentang apapun .
Sastra yang lebih banyak ditemui adalah sastra yang menyangkut dengan kehidupan manusia, biasanya tentang makna dari kehidupan-kehidupan seperti ; cinta, kasih sayang, penderitaan, perjuangan, kebahagiaan, dan lainnya . Sastra pun memiliki beberapa nilai yang terkandung di dalamnya, seperti ;
a. Nilai Hedonik : nilai yang diberikan untuk kesenangan pembaca
b. Nilai Artistik : nilai yang menggambarkan suatu seni/gambar
c. Nilai Kultural : nilai yang mengandung nilai kebudayaan
d. Nilai Etis : nilai yang memberikan ajaran moral,etika, dan agama
e. Nilai Praktis : nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari
Sastra memiliki banyak bentuk, yaitu;
-Puisi
-Cerita Fiksi
-Cerita Pendek
-Novel
-Drama
-Dll .
Ilmu Budaya Dasar sangatlah berkaitan dengan kesusastraan, karena sastra itu merupakan suatu budaya juga, budaya dalam bentuk tulisan . Banyak macam bentuk sastra di bangsa Indonesia, dan banyak pula macam ragam budaya di Indonesia, sehingga Negara Indonesia ini adalah multikultural .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar